Warta

Berita



29
Mar
29 Mar 2016 | 02:43WIB | Kategori : Hibah Air Minum | Oleh : PJSIMMalra

Dukungan Pemda Kab. Maluku Tenggara Menunjang Program Hibah Air Minum APBN 2016

Sasaran MDGs, Undang – Undang No. 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005 – 2025 diamantkan bahwa RPJMN 2014 – 2019 Cakupan Pelayanan air minum 100% harus sudah dicapai pada akhir tahun 2019. Sehubungan hal tersebut, PDAM yang dalam hal ini adalah Operator yang menjalankan fungsi Pelayanan Air Minum kepada Masyarakat telah berkoornasi dengan Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Maluku Tenggara untuk mendukung Program dimaksud sehingga kebutuhan Air Bersih benar – benar dapat dirasakan oleh masyarakat.
Kehadiran Bapak Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun dalam Lokarya Pelaksanaan Program Hibah Air Minum APBN 2016 tanggal 8 Maret 2016 di Jakarta merupakan wujud keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam menunjang Program Hibah Air minum APBN 2016. Peran PEMDA dan DPRD Kabupaten Maluku Tenggara dengan ditetapkannya Perda Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara kepada Perusahaan Daerah Air Minum Nomor 09 Tahun 2015 sebesar Rp. 9.000.000.000,- ( Sembilan Miliar Rupiah ) untuk Tahun 2016 2018. PDAM Kab. Maluku Tenggara sesuai hasil Penilaian BPPSPAM dan Audit Kinerja BPKP dikategorikan Sakit. Sehubungan dengan itu maka berbagai upaya dilakukan untuk memperbaiki dan mengembangkan Perusahaan menuju Perusahaan yang Sehat dan Mandiri.
Keseriusan PDAM dalam membenah diri diwujudkan dengan ikut serta dalam berbagai Lokakarya diantaranya adalah Lokakarya Peningkatan Kinerja PDAM yang diselenggarakan oleh PERPAMSI, BPPSPAM, IWASH dan USAID. Lokakarya dalam rangka Penyehatan PDAM merupakan satu upaya dimana PDAM yang dalam Kondisi sakit berusaha menyusun Program untuk Peningkatan Kinerjanya menuju Perusahaan yang sehat.
Lokakarya Penyusunan Program Peningkatan Kinerja yang dilaksanakan di Kota Ambon Propinsi Maluku dihadiri oleh PDAM Kabupaten/kota Propinsi Maluku dan Maluku utara. Lokakarya tersebut banyak memberikan berbagai metode bagi PDAM untuk melakukan tindakan – tindakan Penyehatan PDAM lewat berbagai Program Kerja selama 3 tahun ke depan dengan sasaran Perusahaan harus Sehat.  
PDAM Maluku Tenggara sangat serius untuk berbenah. Hal ini disampaikan oleh Direktur PDAM Dra. Fatma Talaohu, MM dalam Lokakarya Penyusunan Program Peningkatan Kinerja PDAM di Ambon. “ Kami sangat serius untuk menyehatkan PDAM dengan target di tahun 2017 PDAM Maluku Tenggara sudah harus sehat..”

Tindak lanjut dari Program tersebut, PDAM telah membangun Konsultasi dan koordinasi dengan SATKER PKPAM Propinsi terkait Pengembangan dan Pembangunan SPAM untuk meningkatkan Cakupan Pelayanan PDAM menuju target RPJMN 2019 yaitu 100% Cakupan Pelayanan. Dukungan yang sama disampaikan oleh Direktur PSPAM Bapak Natsir saat bertemu Bapak Bupati Maluku Tenggara di sela – sela Acara Rapat Teknis Pelaksanaan Program Hibah Air Minum APBN 2016 di Jakarta. Dukungan tersebut mendapat perhatian serius dari PEMDA Kabupaten Maluku Tenggara dengan mealokasikan dan DAK sebesar 22 Miliar untuk Perbaikan dan Pembenahan Jaringan Pipa PDAM.
  Air merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kita manusia dan mahkluk hidup lainnya. PDAM sebagai Perusahaan Daerah yang memberikan pelayanan terbaik bagi kebutuhan air masyarakat. Dengan Motto “ KEPUASAN PELANGGAN ADALAH KEBAHAGIAAN KAMI.. “ PDAM kabupaten Maluku Tenggara akan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara.